• Most COVID-19 rules have ended in New Zealand.
    • You must still isolate for 7 days if you have COVID-19.
    • You must wear a face mask in healthcare facilities, such as hospitals. International travellers will not need proof of COVID-19 vaccination.
    From 13 September 2022, to enter New Zealand, you do not need proof of vaccination.

Terdapat tiga jenis sampah di perumahan Selandia Baru, yaitu sampah umum, sampah daur ulang (recycle), dan sampah untuk garden. Sampah umum isinya yang tidak dapat di daur ulang, contohnya yaitu nappy bayi, sedangkan sampah daur ulang yaitu sampah yang bisa di daur ulang contohnya kardus-kardus yang sudah tidak terpakai, plastik bekas makanan yang bersih, plastik-plastik pembungkus shampo, sabun, dan lain-lain. Untuk sampah garden isinya yaitu sampah setelah potong rumput, potong ranting pohon.

Model sampah juga bisa berupa wheelie bin atau bisa juga model sampah berupa plastik. Untuk warna kantong plastik terdiri dari biru, hijau dan kuning dengan perbedaan hanya pada perusahaan pengumpul sampah. Setiap daerah memiliki jadwal pengambilan sampah yang berbeda, sampah umum biasanya diambil setiap seminggu sekali sedangkan sampah daur ulang diambil setiap 2 minggu sekali. Untuk plastik sampah daur ulang dikoleksi dari 50% samudera atau tumbuhan dengan harga sekitar NZ $4-5 dan juga terdapat plastik sampah yang memiliki wangi parfum.

Cara kepengurusan sampah umum yaitu dengan masuk melalui website Econowaste lalu masukkan alamat rumah, kemudian memilih ukuran sampah. Ukuran sampah terdiri dari 80, 120, dan 240 liter. Untuk lemari atau kasur yang sudah tidak terpakai atau barang-barang besar bisa dibuang dengan skip bin. Terdapat pula jumbo bags yaitu bak sampah yang besar namun tidak solid, bentuknya seperti karung goni dengan ukuran besar.

Penasaran dengan pengelolaan sampah di Selandia Baru? Tonton sampai habis ya!

00:00 Intro
00:31 Sampah recycle (daur ulang)
00:40 Ada 2 wheelie bin sampah
01:35 Bentuk sampah recycle lebih besar
02:45 Model sampah umum
03:12 Warna kantong plastik
03:33 Jadwal pengambilan sampah umum dan recycle
06:08 Pengambilan sampah daur ulang
07:27 Pengambilan sampah umum
07:34 Tampilan plastik sampah untuk daur ulang
10:42 Plastik sampah dengan wangi parfum
11:12 Cara kepengurusan sampah umum
11:30 Pilihan ukuran sampah umum
13:07 Apa itu skip bin?
14:16 Apa itu Towa?
14:54 Ada jumbo bags
15:44 Closing

Gimana nih menurut kalian tentang pengelolaan umum di Selandia Baru? Jika kalian ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar ya guys!

Website untuk mengurus sampah general di Selandia Baru:
www.econowaste.co.nz

Jika kalian suka video ini, jangan lupa like, comment, subscribe (berlangganan), dan share video ini ke temen-temen kalian semua ya, karena semua dukungan kalian itu mendorong kita untuk terus bikin video dan berkarya di YouTube.

Cheers & God bless you all
The Saputras
 
 Short URL:
Top