Pertanyaan tentang Universitas dan Peluang Kerja

User ID
1938
Joined
1 May 2024
Messages
6
Reaction score
0
Points
1
Halo Ko Andy... Sy ingin bertanya ko, saya berencana kuliah master ko namun masih bimbang dalam menentukan mata kuliah..

Kalau jurusan IT itu peluang karir lebih luas ya ko? Bisa jadi Admin Database, atau analyst system ya ko?

Untuk jurusan kampus, dari 3 kampus berikut apakah recomended ko untuk mendapatkan kerjaan setelah lulus dan memudahkan mendapatkan residence visa?
1. The University Of Auckland
2. AUT University New Zealand
3. MASSEY University New Zealand
Mana yg paling recomended dari 3 di atas ya ko?

Untuk daftar profesi di Long Term Shortage List berbeda ya ko dengan daftar profesi di Green List Roles, sy bandingkan ada beberapa profesi terdapat dalam daftar Long Term Shortage List, namun profesi tersebut tidak ada dalam daftar Green List Roles. Apakah profesi yang saat ini punya pathway to residence adalah profesi di Green List Roles ko? jadi profesi yang tercantum di Long Term Shortage List sudah tidak berlaku lagi, mengingat update terakhir di list ini tahun 2021..?

Jadi untuk menentukan profesi dan mata kuliah yang besar peluang kerjanya di New Zealand sy tidak bisa patokan pada Long Term Shortage List ya ko, tapi patokan ke daftar profesi di Green List Roles?

Maaf ko, pertanyaan terakhir, misalnya saya telah lulus kuliah Master degree di NZ tapi belum menjadi Residence, apakah anak saya masih bisa sekolah free di NZ? Minimal usia anak berapa ko untuk masuk sekolah di NZ? Usia 3 tahun sudah boleh masuk playgroup?

Terimakasih banyak Ko Andy, kiranya berkenan menjawab pertanyaan saya... Mohon maaf merepotkan ya ko... 🙏🙏😇
 

Attachments

  • Screenshot_2024-05-02-05-50-46-300_org.mozilla.firefox.jpg
    Screenshot_2024-05-02-05-50-46-300_org.mozilla.firefox.jpg
    382.1 KB · Views: 21
Last edited:
Halo Yuli,

Menjawab pertanyaan-pertanyan Anda:

Pilihan Jurusan IT: Memang benar, jurusan IT menawarkan peluang karir yang luas di New Zealand. Dari menjadi Admin Database hingga Analyst System, keahlian IT sangat dicari dan dihargai di berbagai sektor. Jurusan ini juga membuka banyak peluang untuk pengembangan karir di masa depan.

Pilihan Kampus: Untuk pertanyaan tentang kampus, saya sarankan untuk menghubungi tim kami melalui email di study@anavrin.media untuk informasi lebih detail dan personalisasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan kampus memang penting, namun yang lebih krusial adalah memastikan bahwa jurusan yang Anda pilih sesuai dengan Green List Roles, karena ini yang akan menentukan pathway to residence.

Long Term Shortage List vs Green List Roles: Anda benar, daftar profesi di Long Term Shortage List dan Green List Roles bisa berbeda. Saat ini, pathway to residence lebih fokus pada profesi yang tercantum dalam Green List Roles. Profesi yang ada di Long Term Shortage List mungkin tidak selalu memiliki pathway yang jelas ke residence jika tidak ada dalam Green List Roles.

Pendidikan Anak: Mengenai pendidikan anak, jika Anda memegang work visa dengan durasi minimal dua tahun, anak Anda bisa sekolah secara gratis di New Zealand tanpa harus Anda memiliki resident visa. Anak-anak di New Zealand biasanya mulai kindergarten pada usia sekitar 3 tahun, dan ini bisa menjadi opsi yang baik untuk anak Anda selagi Anda menyelesaikan studi.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, Yuli. Saya senang dapat membantu dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut. Semoga Anda berhasil dengan rencana studi dan karir Anda di New Zealand! 🙏😇
 
Amin. Terimakasih banyak doanya ya Ko... 🙏😇

Oh ia ko, kalau karir multimedia specialist (green list), kira kira mata kuliahnya apa ya ko? Apakah Master of Creative Technology?

Saya lulusan sistem informasi, apakah bisa lanjut ke Master Of Technology Information ko? Mengingat jalur tersebut kebanyakan berhubungan dengan bahasa program, sementara saat saya kuliah, pemahaman saya tentang bahasa program minim karena kosentrasi kuliah saya komputer akuntansi.

Adakah tempat kursus di NZ untuk belajar bahasa program ko? Karena gap antara tahun kelulusan saya dan saat ini adalah 12 tahun, sehingga sudah banyak istilah istilah pemograman yang saya lupa ko... Dan pekerjaan saya juga terakhir tidak berhubungan dengan program sebab saya kerja di industri perbankan.

Terimakasih banyak Ko Andy 🙏
 
Halo Yuli, terima kasih kembali dan saya senang bisa membantu!

Karir Multimedia Specialist: Untuk karir sebagai Multimedia Specialist, yang termasuk dalam Green List, Anda bisa mempertimbangkan program seperti Master of Creative Technology. Program ini umumnya mencakup berbagai aspek teknologi kreatif termasuk grafis, multimedia, dan pengembangan web yang mungkin sangat relevan dengan minat Anda.

Lanjutan dari Sistem Informasi ke Master of Information Technology: Mengingat latar belakang Anda dalam Sistem Informasi dengan fokus pada komputer akuntansi, Anda tentu bisa melanjutkan ke Master of Information Technology. Walaupun program ini banyak berhubungan dengan bahasa pemrograman, banyak universitas menawarkan mata kuliah pendahuluan yang dapat membantu menjembatani gap pengetahuan Anda dalam pemrograman.

Kursus Bahasa Pemrograman: Mengenai kursus bahasa pemrograman, di Selandia Baru ada banyak opsi, mulai dari kursus singkat hingga program sertifikat yang bisa membantu memperbarui dan meningkatkan keterampilan pemrograman Anda. Anda dapat memilih untuk belajar bahasa pemrograman yang sedang tren seperti Python, JavaScript, atau Rust, tergantung pada tujuan karier Anda. Lembaga-lembaga pendidikan seperti universitas dan politeknik sering menawarkan kursus ini, dan banyak juga tersedia opsi belajar online yang fleksibel. Ini adalah kesempatan bagus untuk meningkatkan keterampilan yang sangat dicari di industri teknologi yang berkembang.

Ini adalah langkah yang baik untuk mempersiapkan diri menghadapi studi lanjutan dan karir di bidang teknologi informasi, terutama jika Anda merasa perlu memperkuat pemahaman tentang bahasa pemrograman terkini.

Semoga penjelasan ini membantu Anda, Yuli. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan informasi spesifik tentang program atau kursus tertentu, jangan ragu untuk bertanya lagi. Semoga sukses dengan rencana studi dan karir Anda di New Zealand! 🙏😇
 
Halo Ko, Shalom..
saya mau bertanya ko, setelah melahap channel channel di Youtube Koko, jadinya saya tertarik untuk migrate ke NZ bersama dengan istri dan satu orang anak. nah, saya mau masuk lewat jalur kuliah. dan saya cek, kuliah konstruksi cukup menarik, walaupun saya tidak ada background konstruksi. saya sarjana teologi, tpi dulu SMK jurusan Elektronika, jadi ga bodoh2 amat soal hitung2an. sama baru saja lihat video youtube yang soal Age Care. saya juga tertarik sama itu, yang menjadi pertanyaan saya adalah, kira2 soal salary di NZ, lebih banyak mana yah?? di bidang Age Care atau di bidang Konstruksi. trus saya selama 6 tahun belakangan ini menjadi guru agama di salah satu sekolah internasional di Malang. apakah saya ambil kuliah untuk jadi guru di NZ atau ganti path yah??
mohon masukannya yah Ko..
thank you in advance..
God Bless..
 
Shalom @DeflyKairupan! Terima kasih telah menonton channel saya dan tertarik untuk migrasi ke Selandia Baru!

Perbandingan Gaji di Aged Care vs Konstruksi:Di Selandia Baru, gaji di kedua bidang ini bisa bervariasi tergantung pada posisi dan pengalaman Anda. Secara umum, bidang konstruksi mungkin menawarkan gaji yang lebih tinggi, terutama jika Anda bekerja dalam manajemen proyek atau peran spesialis. Namun, Aged Care juga sangat penting dan terus tumbuh, dengan banyak kesempatan untuk karir yang memuaskan secara emosional dan stabil secara finansial.

Pilihan Karir Sebagai Guru:Mengingat latar belakang Anda sebagai guru agama, Anda juga memiliki opsi untuk melanjutkan karir pengajaran di Selandia Baru. Di sini memang ada kebutuhan tinggi untuk guru, khususnya di daerah-daerah yang kurang dilayani. Jika Anda memilih untuk mengambil pendidikan lebih lanjut dalam pengajaran, pastikan program studi tersebut memenuhi kriteria untuk Qualified Teacher Status di Selandia Baru.

Memilih Path yang Tepat:Dalam memilih antara Aged Care, Konstruksi, atau Pengajaran, pertimbangkan apa yang paling Anda minati dan mana yang terbaik untuk kestabilan keluarga Anda. Periksa juga Green List Roles untuk melihat jalur mana yang menawarkan pathway to residence yang jelas. Memilih jurusan yang terdaftar di Green List akan membantu dalam proses mendapatkan resident visa di kemudian hari.

Semoga jawaban ini membantu Anda dalam merencanakan langkah berikutnya, dan percayalah jika memang rencana dari Tuhan, maka Tuhan pasti buka jalan dan memberkati rencana Anda untuk migrasi ke Selandia Baru. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya. God bless!
 
Terimakasih masukan dan responnya ko Andy 🙏

Ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan lagi ko,

Penjualan aset berupa emas di NZ, saya berencana menjual beberapa emas saya di NZ ko untuk tambahan uang jika diperlukan, apakah di NZ ada toko yang mau membeli perhiasan emas kami jika kami menjualnya, dan apakah harga jual emas perhiasan di NZ dihargai tinggi seperti di Indonesia atau nilai jualnya lebih rendah karena dianggap barang bekas? Ataukah lebih baik saya menjual emas saya di Indonesia saja?

Pengurusan visa oleh agen pendidikan resmi, saya berencana menggunakan agen pendidikan resmi dari universitas di NZ, agen tersebut menawarkab pembuatan visa, gratis tanpa biaya, namun untuk pembayaran visanya uang ditransfer ke rekening pribadi, lalu dr rekening pribadi agen akan transfer ke rekening bos nya di kantor pusat jakarta, lalu bosnya yang akan mendaftarkan visa saya dan bayar dengan kartu kreditnya. Apakah jalur ini aman ko? Saya tidak tenang jika harus transfer uang ke rekening pribadi, apakah lebih baik jika saya mendaftarkan sendiri visa saya melalui website imigrasi, lalu setelah mendaftarkan visa apakah saya bisa melapor ke agen pendidikan tersebut agar bisa dibantu follow up jika ada file yang kurang? Atau kalau sy yg daftar sendiri visanya, maka hanya sy yg bisa cek sendiri file apa yang kurang ko?

Program master dengan durasi kuliah 1,5 tahun (180 points/3 semester), beberapa mata kuliah master yang saya cek memiliki kurikulum 3 semester (1,5 tahun), jika kuliah master dengan 1,5 tahun saja apakah tetap bisa dapat 5 poin untuk mengajukan Residence Visa ko atau 5 poin itu hanya berkaku untuk kuliah master dengan durasi 2 tahun (4 semester) saja?

Motivation letter student visa, pada motivation letter student visa apakah saya tidak boleh menyebutkan tujuan saya ke NZ untuk kuliah, bekerja dan menetap ko? Khawatir akan jadi red flag bagi pihak imigrasi dan visa saya bisa ditolak. Mohon masukannya ko Andy 🙏

Tamatan sistem informasi, apakah boleh ambil jurusan creative tekhnology tanpa harus ambil program pre master ko?

Jurusan kuliah di luar profesi green list namun tetap dalam ranah ilmu computer, jika ambil jurusan kuliah seperti sistem informasi bisnis atau visual art, atau design visual, apakah tetap ada peluang bisa dapat residence ko atau sulit dan peluang kecil? Mengingat jenjang karir dari jurusan ini tidak ada dalam green list namun tetap dalam ranah ilmu informasi.

Kuliah Information technology, menurut Ko Andy apakah jurusan mata kuliah ini cukup sulit bagi orang yang kurang pandai bahasa program ko? Sy kuliah sistem informasi, namun kemampuan bahasa program saya biasa saja, saat kuliah saya pernah buat program untuk tugas kuliah tapi program saya sering error ko dan saya dapat nilai B untuk mata kuliah program aplikasi,saya meragukan kemampuan saya ambil tekhnik informasi di NZ, khawatir saya tidak bisa lulus ko...kalau di Indonesia saya les privat untuk buat program, bagaimana dengan di NZ, pasti les privat sangat mahal.

Web untuk kursus bahasa program, mohon dibantu nama web tempat kursus bahasa program di NZ ko, saya ingin cek biaya kursusnya agar bisa sediakan uang sebelum berangkat, krn saya masih harus sedia uang untuk biaya kuliah.

Terimakasih banyak bantuan Ko Andy. 🙏🙏
 
@victorya selvy,
  1. Tentang penjualan emas: Di Selandia Baru, emas perhiasan yang sudah bekas umumnya dihargai sebagai scrap, tidak seperti di Indonesia yang masih dihargai tinggi sebagai perhiasan. Jadi, jika memungkinkan, lebih baik menjual emas Anda di Indonesia.
  2. Mengenai agen pendidikan dan visa: Saya sarankan hati-hati dengan metode pembayaran ke rekening pribadi seperti itu. Biasanya, pembayaran untuk tuition fees dilakukan langsung ke institusi pendidikan atau lembaga resmi di NZ. Sebaiknya, mendaftar visa sendiri melalui website imigrasi bisa menjadi pilihan yang lebih aman.
  3. Durasi kuliah master untuk Residence Visa: Ada perubahan sistem skoring untuk visa tinggal (resident visa). Untuk detail lebih lengkap, Anda bisa menonton video saya di link berikut yang membahas sistem poin baru:
  4. Menulis motivation letter untuk visa pelajar: Di motivation letter, lebih baik fokus pada tujuan akademis dan minat Anda terhadap program yang ditawarkan tanpa menyebutkan niat untuk bekerja atau menetap, karena itu bisa dianggap sebagai red flag oleh otoritas imigrasi.
  5. Transisi dari sistem informasi ke creative technology: Untuk perpindahan ke jurusan yang sangat berbeda seperti ini, Anda mungkin memerlukan persiapan tambahan atau program pre-master. Langkah terbaik adalah menghubungi langsung institusi pendidikan untuk informasi lebih lanjut. Anda bisa cek kelayakan kredit Anda di https://www.nzqa.govt.nz
  6. Studi di jurusan di luar green list: Meski jurusan Anda tidak ada dalam green list, masih ada peluang untuk mendapatkan residence visa melalui sistem poin yang baru. Jadi, itu semua tergantung pada bagaimana Anda memenuhi kriteria lain yang diminta.
  7. Tentang kuliah IT dan kemampuan pemrograman: Jurusan IT sangat luas dan tidak hanya fokus pada pemrograman. Jika Anda merasa tidak kuat dalam pemrograman, banyak aspek lain dalam IT yang bisa Anda geluti. Di NZ, biaya les privat memang cenderung mahal, tapi banyak sumber belajar online yang bisa membantu, seperti Codecademy atau Udemy yang menawarkan kursus pemrograman dengan biaya yang lebih terjangkau.
Semoga jawaban ini membantu, dan saya tunggu pertanyaan selanjutnya! 🙏
 
Terimakasih banyak responnya Ko Andy 🙏
Berikut beberapa hal yang ingin saya tabyakan ko.. mohon bantuannya🙏😇

Investasi emas, apakah di NZ bisa membeli emas murni batangan (bukan perhiasan) dalam satuan kecil misalnya 10gr untuk disimpan, dan apakah bisa dijual kembali saat nilai emas naik sehingga mendapatkan harga yang baik seperti di Indonesia?

Karir Business Analyst, memerlukan mata kuliah apa ya ko? Apakah sistem informasi dan bisnis? Atau jurusan apa ya ko?

6 points migraint, saya sudah menonton video youtube channelnya ko, jadi kalau sy lulus program master otomatis dapat 5 points walaupun saya menyelesaikan kuliah master dalam 1-1,5 tahun (full kuliah tanpa bekerja)? Dan jurusan tidak sesuai dengan kategori green list?

1 tahun bekerja setelah lulus program master, apakah otomatis bisa dapat 1 point lagi walaupun bidang pekerjaan tidak berkaitan dengan green list atau tidak berkaitan dengan mata kuliah yang diambil? Namun tentunya harus full time bekerja ya ko (30 jam/week).

Bekerja di kota Auckland, kalau ke depannya bekerja di kota Auckland apakah bisa tetap dapat 1 point untuk ajukan residence ko? Atau harus ke kota regional lain selain Auckland?

Kota hamilton, saya berencana study di kota hamilton, apakah kota ini cukup ekonomis untuk pelajar?

Tempat kursus, apakah tempat kursus lebih banyak di Auckland atau di Hamilton ya ko? Apakah di Hamilton jumlah tempat kursus sangat sedikit? Seperti kursus Ms. Word dan kursus SQL

Suami kerja full time, apakah suami tetap butuh IELTS krn suami saya akan ikut sebagai dependant dan kerja full time di NZ ko..

Terimakasih Ko Andy... Mohon masukannya 🙏🙏
 
Last edited:
Terima kasih kembali untuk pertanyaan-pertanyaan detail Anda, @victorya selvy. Saya senang bisa membantu menjelaskan lebih lanjut. 🙏😇
  • Investasi Emas: Di NZ, Anda bisa membeli emas batangan murni dalam satuan kecil seperti 10 gram. Toko-toko seperti NZ Mint menawarkan opsi pembelian dan penjualan kembali. Harga jual kembali emas di NZ juga cukup kompetitif, tergantung pada kondisi pasar.
  • Karir Business Analyst: Untuk menjadi seorang Business Analyst, biasanya disarankan mengambil jurusan seperti Sistem Informasi dan Bisnis. Jurusan lain yang relevan bisa mencakup Manajemen Bisnis, Analisis Data, atau Teknologi Informasi dengan fokus pada analisis sistem.
  • 6 Points Migrant: Betul, jika Anda lulus program master, Anda bisa mendapatkan 5 points, walaupun penyelesaian kuliah master Anda kurang dari dua tahun. Yang penting adalah Anda menyelesaikan program tersebut dan memenuhi kualifikasi lainnya yang ditetapkan.
  • 1 Tahun Bekerja Setelah Lulus Master: Ya, Anda bisa mendapatkan 1 point lagi jika bekerja full-time setelah lulus, meskipun pekerjaan tersebut tidak berkaitan dengan jurusan yang Anda ambil atau tidak masuk dalam green list.
  • Bekerja di Kota Auckland: Untuk saat ini, bekerja di Auckland masih bisa memberikan Anda 1 point untuk pengajuan residence. Namun, pemerintah NZ terkadang menyesuaikan kebijakan migrasi berdasarkan kebutuhan regional, jadi selalu baik untuk memeriksa update terkini dari situs resmi.
  • Kota Hamilton: Hamilton adalah kota yang cukup ramah bagi pelajar dari segi ekonomi. Biaya hidup di sini umumnya lebih rendah dibandingkan dengan Auckland, membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi banyak pelajar.
  • Tempat Kursus: Hamilton memiliki berbagai tempat kursus yang bisa Anda pilih, meskipun jumlahnya mungkin tidak sebanyak di Auckland. Anda akan menemukan kursus yang berkaitan dengan Microsoft Word dan SQL, tetapi mungkin perlu lebih teliti dalam mencari pilihan yang tersedia.
  • Suami Kerja Full Time: Jika suami Anda datang sebagai dependant dan berencana untuk bekerja full-time, dia akan memerlukan IELTS hanya jika pekerjaan yang dia lamar memerlukannya atau untuk memenuhi syarat visa tertentu. Namun, untuk kebanyakan kasus dependant visa, IELTS tidak secara otomatis dibutuhkan.
Semoga jawaban ini membantu, Yuli. Jangan ragu untuk kembali bertanya jika masih ada yang ingin Anda klarifikasi. Semoga perencanaan Anda berjalan lancar. Terima kasih! 🙏🙏
 
 Short URL:
Back
Top