• New Zealand COVID-19 Protection Framework is now in place: Traffic light settings.

    Health tips to prevent the spread of COVID-19:
    • Wash your hands frequently;
    • Maintain 2 meters social distancing;
    • Minimise outdoor activities.
    Stay safe in your bubble!

Bagi kalian yang baru saja berada di Selandia Baru dan ingin menetap atau tinggal, maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari sewa tempat tinggal (rumah). Nah di video kali ini, Andy akan berbagi informasi mengenai tips dan cara menyewa rumah di Selandia Baru.

Jika kalian hendak menetap sementara di Selandia Baru, kalian bisa memilih tempat tinggal berupa motel sebagai tempat tinggal sementara. Sekilas motel terlihat mirip dengan hotel, namun di motel kalian bisa memasak, ada fasilitas internet juga dan harganya relatif lebih murah daripada hotel. Pilihan lain yaitu ada flatmates, yang merupakan seperti rumah kos dimana kalian tinggal di suatu rumah yang campur dengan orang lain. Namun untuk pilihan kamar kalian bisa pilih kamar sendiri dan bisa juga kamar sharing (berdua).

Untuk mencari berbagai pilihan untuk sewa tempat tinggal di Selandia Baru, kalian bisa mencari di website Trade Me. Dalam website tersebut, ada beberapa menu yang kalian bisa pilih dan tentukan sendiri seperti daerah, harga, jumlah orang, jumlah kamar mandi, dan pilihan property tipe dari rumah yang akan kita sewa. Hal yang harus diperhatikan yaitu jangan lupa selalu membaca deskripsi dan detail lokasi dari rumah yang akan kita sewa ya guys.

Sedangkan pilihan for rent, memiliki kekurangan yaitu yang disewakan rumah saja namun fasilitas kosong. Sebelum menyewa rumah, kalian harus mengisi Bond Lodgement Form yang berguna sebagai jaminan ketika ada fasilitas rumah yang rusak, maka tanggung jawabnya dari uang bond tersebut yang biayanya 3-4 kali harga sewa. Saat selesai menyewa, penyewa juga wajib membersihkan kembali kondisi rumah seperti pada saat awal menyewa rumah tersebut.

Penasaran bagaimana tips dan cara menyewa rumah di Selandia Baru? Tonton sampai habis ya!

00:00 Intro
00:48 Apa yang harus dilakukan saat sudah berada di Selandia Baru?
01:00 Apa itu motel?
01:06 Fasilitas di motel
01:33 Website untuk sewa rumah di New Zealand
01:37 Tutorial mencari rumah di website Trademe
01:56 Apa itu flatmate?
03:11 Coba pilihan flatmate di New Zealand
04:53 Berbagai pilihan jenis property
06:43 Pentingnya membaca deskripsi rumah yang akan disewa
09:19 Pilihan tempat tinggal "For Rent"
09:30 Kekurangan dari opsi "For Rent"
10:23 Andy mencoba cari sewa "For Rent"
13:22 Apa itu fasilitas heat pump?
13:52 Fasilitas-fasilitas yang sudah termasuk dalam apartemen
14:44 Jika akan sewa rumah
15:28 Apa itu bond?
19:22 Contoh rumah kosongan (unfurnished)
20:11 Apa itu property manager?
22:39 Yang harus dilakukan jika selesai menyewa rumah
23:47 Closing

Gimana nih menurut kalian tentang cara sewa rumah di Selandia Baru? Jika kalian ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar ya guys!

Alamat Website Mencari Sewa Rumah di New Zealand:

Alamat Pengisian Bond Lodgement Form:

Jika kalian suka video ini, jangan lupa like, comment, subscribe (berlangganan), dan share video ini ke temen-temen kalian semua ya, karena semua dukungan kalian itu mendorong kita untuk terus bikin video dan berkarya di YouTube.

Cheers & God bless you all
The Saputras
 
 Short URL:
Top