Dalam video kali ini, Andy akan memberikan informasi kepada kalian tentang Supplementary Seasonal Employment Work Visa atau biasa disebut SSE Visa yang ada di Selandia Baru dan apakah worth it untuk apply SSE Visa tersebut.

SSE Visa merupakan visa tambahan yang bisa di-apply jika kalian sudah berada di Selandia Baru dengan visitor visa atau student visa dan berminat untuk bekerja musiman, seperti memetik buah. Masa berlaku SSE Visa ini adalah 6 bulan, dengan durasi tinggal yang sama, tergantung pada musim, kemudian kalian akan dipulangkan. Waktu maksimal untuk kerja musiman ini sekitar 4 bulan. Pekerja yang mendaftar harus berusia minimal 18 tahun dan membayar biaya pendaftaran visa sebesar $700. Dengan SSE Visa, kalian bisa menanam, mengelola, memetik, dan mengemas buah-buahan.

Perlu diketahui, SSE Visa tidak dikeluarkan oleh semua perusahaan, hanya khusus untuk perusahaan-perusahaan yang terdaftar sebagai supplementary seasonal employer. Kalian juga bisa melihat approval periode pekerjaan musiman ini pada companies register, sekaligus melakukan pengecekan apakah perusahaan tersebut resmi. Lalu, apakah SSE Visa berlaku untuk warga Indonesia? Visa ini bisa di-apply oleh warga Indonesia selama kalian sudah berada di Selandia Baru dan memiliki visitor visa/student visa. Saat apply, kalian juga harus menunjukkan tiket pulang ke Indonesia atau menunjukkan saldo yang cukup untuk kembali pulang. Cara apply SSE Visa juga mudah, kalian hanya perlu mengisi formulir lalu mengirimkannya ke alamat yang sudah ditentukan.

Pastikan mengisi formulir aplikasi SSE Visa saat sudah berada di Selandia Baru dan memeriksa kembali formulir yang telah kalian isi pada bagian application checklist. SSE Visa tidak bisa di-apply kedua kalinya untuk individu yang sama, guys, dan memang lebih cocok bagi pemegang visitor visa. Menurut Andy, jika kalian memang berniat membangun karir di Selandia Baru, mulailah dari menjadi pelajar yang kemudian bisa bekerja part-time, sehingga dapat menambah pengalaman untuk CV kalian, seperti pengalaman Andy saat menjadi student di New Zealand dulu dan bekerja part-time dengan penghasilan tinggi namun jam kerja yang singkat.

Penasaran tentang SSE Visa, cara apply, dan manfaat dari visa ini? Yuk, simak video ini sampai habis!

00:00 Intro
00:42 Apa itu SSE Visa?
01:53 Durasi kerja musiman
02:30 Syarat usia
02:36 Kuota SSE Visa
02:45 Biaya apply SSE Visa
02:51 Waktu proses pembuatan visa
02:55 Bisa apa saja dengan SSE Visa?
03:14 Daftar perusahaan terdaftar SSE
03:38 Approval periode pekerjaan musiman
04:19 Cek status dan keberadaan perusahaan
05:40 Apakah SSE visa berlaku untuk orang Indonesia?
06:46 Hati-hati dengan agen penipuan
07:15 Persyaratan apply SSE Visa
07:55 Syarat bagi pemegang work visa
08:37 Tidak ada SSE sebelumnya
08:50 Menunjukkan tiket pulang dari NZ
09:13 Cara apply SSE Visa
10:02 Bentuk formulir aplikasi SSE Visa
10:57 Tips mengisi formulir aplikasi SSE Visa
11:35 Perbandingan biaya hidup dan gaji kerja musiman
13:56 Gaji bersih pekerja musiman di NZ
15:44 SSE Visa tidak bisa di-apply kedua kalinya
16:05 Kerja part-time
16:23 Menjadi student di NZ
17:44 Pengalaman Andy saat menjadi student di NZ

Gimana, apakah kalian tertarik untuk apply SSE Visa di Selandia Baru? Jika ada pertanyaan, tulis di kolom komentar, ya guys!

Website Immigration Selandia Baru:
www.immigration.govt.nz

Website NZ Companies Register:
companies-register.companiesoffice.govt.nz

Kalkulator Perhitungan Salary di NZ:
www.paye.net.nz/calculator

Jika kalian suka video ini, jangan lupa like, comment, subscribe (berlangganan), dan share video ini ke temen-temen kalian semua ya, karena semua dukungan kalian itu mendorong kita untuk terus bikin video dan berkarya di YouTube.

Instagram: https://www.instagram.com/andyjsap

Cheers & God bless you all
The Saputras
 
Untuk melakukan konversi dari visa turis ke visa SSE itu apakah harus ada rekrutan dulu dari perusahaannya baru mengajukan visa atau bisa langsung mengajukan visa SSE setelah itu melamar ???

Thanks mas andy
 
Halo @taufiq! Terima kasih sudah menonton video saya dan atas pertanyaan Anda mengenai SSE Visa. Saya dapat memberikan beberapa penjelasan dan arahan untuk pertanyaan Anda:

Untuk berpindah dari visa turis ke SSE Visa, Anda harus memenuhi beberapa kriteria khusus. Pertama, Anda harus sudah berada di Selandia Baru dengan visa pelajar atau visa turis. Ini karena SSE Visa ditujukan untuk orang yang sudah berada di negara ini dan ingin terlibat dalam pekerjaan musiman di industri hortikultura atau vitikultura.

Hal ini sudah pernah saya bahas di video "Tips Kerja di Selandia Baru dengan Visa Turis: Apakah Aman dan Memungkinkan?" yang dapat Anda tonton di bawah ini:


Salah satu hal penting untuk dipahami adalah bahwa SSE Visa memungkinkan Anda untuk bekerja dengan employer yang telah mendapatkan persetujuan dari Immigration New Zealand sebagai supplementary seasonal employer. Jadi, memiliki tawaran pekerjaan dari salah satu employer ini dapat menjadi langkah penting dalam proses aplikasi Anda.

Namun, sebenarnya Anda tidak harus memiliki tawaran pekerjaan sebelum mengajukan visa. Anda bisa mengajukan SSE Visa terlebih dahulu, tetapi memiliki rencana yang jelas tentang bagaimana Anda akan mencari pekerjaan musiman dan menunjukkan bukti bahwa Anda berencana untuk bekerja di sektor yang memenuhi syarat bisa sangat membantu aplikasi Anda. Dokumen yang mendukung rencana Anda bisa termasuk bukti pemesanan perjalanan atau akomodasi di daerah di mana pekerjaan musiman tersedia, atau komunikasi dengan employer potensial.

Selain itu, Anda harus memenuhi persyaratan lain seperti usia minimal 18 tahun, kesehatan yang baik, karakter yang baik, dan memiliki niat yang tulus untuk mematuhi kondisi visa Anda. Penting juga untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki rencana untuk meninggalkan Selandia Baru setelah masa kerja Anda selesai, yang bisa dalam bentuk tiket kembali ke negara asal atau bukti dana yang cukup untuk membelinya.

Untuk detail lebih lanjut tentang proses aplikasi dan dokumen yang dibutuhkan, sangat disarankan untuk mengunjungi situs resmi Immigration New Zealand di https://www.immigration.govt.nz dan sumber yang menyediakan panduan lengkap tentang SSE Visa di https://www.immigration.govt.nz/new...pplementary-seasonal-employment-sse-work-visa — Juga, informasi dari penasihat imigrasi berlisensi di https://www.iaa.govt.nz tentunya dapat memberikan insight tambahan dan dukungan dalam proses aplikasi Anda.

Semoga ini membantu, dan saya berharap Anda berhasil dalam rencana Anda untuk bekerja musiman di Selandia Baru. Jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut di forum Imigrasi Selandia Baru jika Anda membutuhkan informasi atau bantuan.
 
Kalau untuk murni bekerja di NZ, visa apa yg di perlukan. Dan syaratnya apa. Thx pak fys
 
untuk periode approval tiap perusahaan kan beda beda yaa. Itu kita cuma bisa apply tiap periode itu aja? Dan harus kirim surat? Kalau by email dan dilakukan setelah dapet visa turis tapi sebelum berangkat ke nz bisa nggak?
 
 Short URL:
Back
Top